Daily activity # 8

Senin 05 Maret 2018


Halo guys....

         Sampai jumpa kembali di blog saya, Okk. Seperti pada hari-hari sebelumya kali ini saya akan menceritaan keseharian saya selama praktek di kampus (kitchen). Seperti anak kuliah pada umumnya saya masuk kampus jam 08:00 tapi karena hari ini saya bertugas menjadi ketua kelas jadi saya harus datang ke kitchen jam 07:00. Sebagai ketua kelas saya harus datang pagi-pagi mengambil kinci kitchen di security dan kemudian membuka kitchen. Setelah masuki di kitcen saya langsung membuka semua jendela kitchen dan memeriksa ciller dan freezer, dan menyalakan gas.


           Setelah teman saya semuanya sudah datang, kami langsung one line dan diarahkan supervisor.
Saat one line sudah selesai dan menu yang akan di buat sudah di jelaskan sama supervisor, teman saya langsung prepare menu yang akan di buat hari ini. hari ini saya tidak ikut membuat makanan bersama kelompok saya karena hari ini saya mendapat giliran membuat menu dan kemudian explain ke dosen. Hari ini saya membuat Kapurung (makanan tradisionalm khas palopo/ luwu). Pertama saya harus ke pasar untuk membeli bahan-bahannya seperti jagung, bayam, jantung pisang dan sagu sebagai bahan utamanya.


           Saat bahannya semuanya sudah ada saya langsung membuat kapurung. Langkah pertama adalah memotong semua sayurannya kemudian di cuci sebelum dimasak. Setelah itu saya langsung mengambil daging ayam kemudian di potong 4 bagian kemudian di bakan setengah masak. setelah ayamnya sudah di bakar kemudian di suir-suir. Kemudian saya memasak semua sayuran bersama ayam yang sudah sudah di suir sampai masak. Kemudian saya membuat sambal kacang. Setelah semua bahannya sudah jadi saya langsung mencampurnya kedalam mangkok kemudian explain ke dosen.



Menu yang saya buat hari ini:

*KAPURUNG*


Ingredient
  • 1 ekor ayam
  • Sagu 250 gr
  • 1 pcs jantung pisang
  • 2 pcs jagung mudah
  • 1 ikat kacang panjang
  • ikat bayam
  • Jeruk nipis secukupnya
Bumbu kacang
  • 80 gr kacang tanah (disangrai)
  • 10 pcs cabe merah (bisa ditambah sesuai selera) 
  • Garam secukupnya
Cara membuat:
  1. Potong  ayam menjadi 4 bagian kemudian di bakar setengah masak lalu suir". Sisihkan
  2. Potong semua sayuran,  kemudian cuci sampai bersih,  didihkan air untuk merebus sayuran.  Setelah air mendidih masukkan semua sayuran dan ayam yang sudah di suir.  Masukkan garam untuk menambah rasa.  Tunggu sampai masak. 
  3. Haluskan bumbu kacang dengan cara di ulek tambahkan sedikit garam kedalam ulekan, ulek sampau halus. 
  4. Masukkan sagu kedalam bowl kemudian isi sedikit air. Tuangkan air panas kedalam bowl kemudian aduk sampai adonan sagunya lengket dan bisa di bentuk. 
  5. Bentuk adonan sagu tadi sesuai selera,  dan masukka kedalam air sayur yang sudah di masak tadi. 
  6. Setelah semuanya sudah selesai,  campur kan semua bahan kedalam bowl seperti sayur dan bumbu kacang. Tambahkan garam dan perasan jeruk secukupnya.  Aduk sampai rata dan siapa disajikan.

- Kapurung yang sudah jadi



- Bumbu Kacang









Komentar

Postingan Populer